Thursday, October 06, 2011

Pemimpin yang Tidak Sempurna

Beberapa hari ini, gue disadarkan satu hal, kalau pemimpin itu ga selamanya perfect.. malah most of the time, yang ga perfect yang jadi pemimpin.. pertama kali, gue merasa aneh ketika liad 1 pemimpin kok ya ga bisa jadi teladan.. kok bisa yah orang yang kaya gini jadi pemimpin, padahal banyak orang2 lain yang lebih capable, yang lebih bisa, yang lebih competent..

Tapi kejadian ini gue sadar ga cuma sama 1 kelompok dgn 1 pemimpin, next time gue liad lagi pemimpin lain yang ga sempurna, next time gue liad lagi, sampe hari ini gue tersadarkan kalau gue sendiri, ga sempurna, gue bukan yang terbaik juga sebenernyaa di tempat gue ini, banyak yang lain yang lebih skillful, lebih jago, lebih cocok untuk ada di posisi ini.. Why me? Why am I chosen? Why are they chosen? Why are we those who are not perfect chosen? Why?

Dan gue pun mendapatkan jawabannya!
2 Korintus 3:5 says "Dengan diri kami sendiri kami tidak sanggup utuk memperhitungkan sesuatu seolah-olah pekerjaan kami sendiri; tidak, kesanggupan kami adalah pekerjaan Allah."

That's it!
Kalau sekarang I can, I am here, it is because of Him!
Kalau seorang pemimpin udah sempurna, melakukan segala sesuatu dengan benar, manusia akan cenderung melihat manusia, dan lupa pada Tuhan. Mereka akan merasa kalau mereka bisa karena memang mereka bisa, karena mereka competent, sanggup, dan kekuatan mereka sendiri bisa. Tapi Tuhan ga mau itu semua! Tuhan membiarkan pemimpin jatuh, gagal, supaya para pemimpin bisa lagi sadar kalau we need Jesus. Kalau sekarang kita sanggup dan bisa itu karena Dia, kita dipilih karena kasihNya bukan karena kekuatan kita.
Tuhan ga lihat kemampuan kita, Dia ga liad betapa bisanya kita, tapi Dia liat maunya kita, hati kita yang mau dibentuk, belajar, diproses, yang terus depend on Him =)

Now I understand, why I am not chosen to be a leader in the place that I'm skillful, instead in a place that I really only depend on Him. The same thing goes to others.

Rencana2 Tuhan memang luar biasa =)
Lesson untuk kita, kalau kita melihat pemimpin kita ga sempurna, atau gagal, atau jatuh, don't point at him and blame him. Instead, we help him, together pray to God. It is in the process. Karena bukan yang sempurna yang dipilih Allah =) yang terbaik menurutNya yang dipilihNya..

Dan buat kita yang merasa ga pantas jadi pemimpin, well, kita uda dipilih Tuhan, kalau Dia percaya sama diri kita, kenapa kita harus ga percaya? At least if we don't trust ourselves, we trust God! Believe in His choice =) So don't give up! Hang on =)

Dan buat kita juga yang merasa competent and should be the leader, tapi orang yang jauh dari sempurna itu yang jadi leader, chill! =) In this case, Tuhan akan sediakan tempat yang lebih cocok buat kita untuk bertumbuh, tempat itu memang untuk dia yang lebih membutuhkan, karena prosesnya akan luar biasa untuk dia, dan untuk kamu, kamu akan disediakan tempat yang lebih luar biasa, untuk memproses kamu lebih lagi. =)

Stay in God ♥

No comments: